SEJARAH
PONDOK PESANTREN An-Nur NGRUKEM SEWON
Pertumbuhan dan perkembangan Pondok Pesantren tidak terlepas
hubungannya dengan sejarah masuknya islam di Indonesia. Pendidikan Islam di
Indonesia bermula ketika orang-orang yang masuk islam ingin mengetahahuai isi
ajaran-ajaran agama yang baru dipeluknya, baik tata cara beribadah, membaca Al
Qur’an, dan mengetahui islam lebih luas dan mendalam. Mereka ini belajar
dirumah, surau langgar atau masjid. Di tempat inilah orang-orang yang baru
masuk islam dan anak-anak mereka belajar membaca Al Qur’an dan ilmu-ilmu agama
lainnya, secara individu atau langsung.
Dalam perkembangannya untuk lebih memperdalam ilmu agama telah mendorong tumbuhnya Pesantren yang merupakan tempat untuk melanjutkan belajar agama setelah tamat belajar di surau, langgar atau masjid. Model pendidikan pesantren ini berkembang di seluruh Indonesia dengan nama corak dan bervariasi di Jawa di sebut Pesantren, di Aceh di kenal rangkang,di Sumatra di kenal surau, nama sekarang yang di kenal umum adalah Pondok Pesantren.
Sejarah pendidikan di Indonesia mencatat, bahwa pondok pesantren adalah bentuk lembaga pendidikan pribumi tertua di Indonesia. Ada dua pendapat mengenai awal berdirinya pondok pesanten di Indonesia, pertama pondok pesantren berakar pada tradisi islam itu sendiri pendapat kedua mengatakan bahwa system pendidikan model pondok pesantren asli Indonesia.
Seperti yang kita ketahui bahwa kemajuan dalam segala hal selalu bergerak secara dinamis dan cepat di sisi hal tersebut berdapkan positif bagi kemajuaan umat, bangsa dan Negara tetapi disisi lain juga sebagai fsilitator atas pengaruh negative yang tidak sesuai dengan moral bangsa Indonesia sehingga pada akhirnya banyaklah panyimpangan yang terjadi di masyarakat. Dengan alasan inilah seorang tokoh yang bernama KH. NAWAWI ABDUL AZIZ yang merupakan salah satu tokoh yang yang disegani oleh para HUFADZUL QUR’AN dalam bidang tahfidzil Qur’an dan Qiroa’ah As Sab’ah berusaha membangun tembok untuk membentengi masyarakat. Hal tersebut dari segala bentuk dampak negative yang telah menjamur di masyarakat dengan niat agar masyakarat dapat menikmati jalan yang lurus sehingga dapat selamat di dunia dan akhirat. Sedangkan berdirinya Pondok Pesantren An Nur melewati beberapa periode :
Dalam perkembangannya untuk lebih memperdalam ilmu agama telah mendorong tumbuhnya Pesantren yang merupakan tempat untuk melanjutkan belajar agama setelah tamat belajar di surau, langgar atau masjid. Model pendidikan pesantren ini berkembang di seluruh Indonesia dengan nama corak dan bervariasi di Jawa di sebut Pesantren, di Aceh di kenal rangkang,di Sumatra di kenal surau, nama sekarang yang di kenal umum adalah Pondok Pesantren.
Sejarah pendidikan di Indonesia mencatat, bahwa pondok pesantren adalah bentuk lembaga pendidikan pribumi tertua di Indonesia. Ada dua pendapat mengenai awal berdirinya pondok pesanten di Indonesia, pertama pondok pesantren berakar pada tradisi islam itu sendiri pendapat kedua mengatakan bahwa system pendidikan model pondok pesantren asli Indonesia.
Seperti yang kita ketahui bahwa kemajuan dalam segala hal selalu bergerak secara dinamis dan cepat di sisi hal tersebut berdapkan positif bagi kemajuaan umat, bangsa dan Negara tetapi disisi lain juga sebagai fsilitator atas pengaruh negative yang tidak sesuai dengan moral bangsa Indonesia sehingga pada akhirnya banyaklah panyimpangan yang terjadi di masyarakat. Dengan alasan inilah seorang tokoh yang bernama KH. NAWAWI ABDUL AZIZ yang merupakan salah satu tokoh yang yang disegani oleh para HUFADZUL QUR’AN dalam bidang tahfidzil Qur’an dan Qiroa’ah As Sab’ah berusaha membangun tembok untuk membentengi masyarakat. Hal tersebut dari segala bentuk dampak negative yang telah menjamur di masyarakat dengan niat agar masyakarat dapat menikmati jalan yang lurus sehingga dapat selamat di dunia dan akhirat. Sedangkan berdirinya Pondok Pesantren An Nur melewati beberapa periode :
1.
Periode Perintisan ( 1966-1978 )
Perintisan pondok Pesantren An Nur mengalami proses yang
sangat panjang yang dimulai pada tahun 1960 M. Beliau ( Bapak KH. Nawawi Abdul
Aziz ) dipercaya untuk menjabat ketua Pengadilan Agama Kab. Bantul, kemudian
sejak bertugas di PA Bantul, beliau mengetahui secara persis tentang kehidupan
keagamaan di wilayah Bantul, dimana kondisi pada saat itu masih memprihatinkan.
Melihat kenyataan yang demikian, Beliau merasa sudah saatnyalah mengamalkan dan
mengajarkan Ilmu yang pernah didapat dari tempaan Pondok-Pondok Pesantren yang
pernah Beliau terima kepada masyarakat, sehingga pada tahun 1964 M, dengan
tekat yang bulat dan mantap Beliau pindah ke dusun Ngrukem Pendowoharjo Sewon
Bantul Yogyakarta yang didampingi oleh Istri Beliau ( Ibu Nyai. Walidah
Munawwir ) dan Putra pertama Beliau ( Bapak ‘Ashim Nawawi ). Walaupun Beliau
dan keluarga hanya menempati sebuah rumah yang berukuran 7x5 m milik Al Marhum
Bapak KH. Abdul Aziz, Beliau tetap semangat dan Ikhlas dalam mengajarkan ilmu
agama kepada masyarakat, sehingga dalam waktu yang singkat Beliau telah mampu
menarik hati masyarakat. Pada tahun tersebut, Beliau mulai merintis
pengajian-pengajian baik yang bersifat kuliah umum, sorogan, bandungan maupun
klasikal. Pengajian/Kuliah umum diselenggarakan setiap senin malam yang sampai
saat ini masih berjalan dan dikenal dengan sebutan malam selasan dan setiap
jumat pagi. Sedangkan setiap subuh diadakan pengajian dengan sistim sorogan dan
klasikal dengan materi Al Qur’an. sedangkan pada malam hari berlangsung
kegiatan belajar di Madrasah Diniyah yang dulu bernama Madrasah Lailiyah
Salafiyah An Nur yang sejak tahun 1976 pengelolaannya diserahkan kepada Bapak
KH. Khudlori Abdul Aziz, santri Beliau yang merupakan putra asli Dusun Ngrukem.
Seiring dengan bergeraknya waktu, santri yang datang juga semakin banyak sehingga sangatlah primer untuk membangun asrama bagi semua santri yang ada. Maka dengan segenap kemampuan yang dimiliki, dan atas dukungan dari masyarakat yang dipelopori oleh Al Marhum bapak KH. Anwar, dibangunlah asrama pondok Pesantren An Nur dengan beberapa lokal.
Seiring dengan bergeraknya waktu, santri yang datang juga semakin banyak sehingga sangatlah primer untuk membangun asrama bagi semua santri yang ada. Maka dengan segenap kemampuan yang dimiliki, dan atas dukungan dari masyarakat yang dipelopori oleh Al Marhum bapak KH. Anwar, dibangunlah asrama pondok Pesantren An Nur dengan beberapa lokal.
2.
Periode Pertumbuhan
Berhubung kebanyakan santri yang datang pada saat itu adalah
putri maka yang pertama dibangun adalah asrama bagi santri putri. Pada hari
Ahad Pon tanggal 18 April 1976 M diadakanlah rapat antara Bapak KH. Nawawi
Abdul Aziz,Kh Ahmad Badawi Kholil dan Para Sesepuh untuk membahas pembangunan
tersebut. Kemudian pada hari Ahad tanggal 12 September 1976 M yang bertepatan
dengan 17 Romadlon 1396 H dimulailah pembangunan tersebut yang akhirnya selesai
pada bulan April 1978 M, dan sejak saat itulah secara resmi Pondok Pesantren An
Nur Berdiri.
Selang beberapa waktu, jumlah santri putra sudah bertambah banyak sehingga dibangunlah dua kamar ( yang sekarang telah dibongkar dan diganti dengan asrama yang baru sebanyak tiga lantai ).
Selang beberapa waktu, jumlah santri putra sudah bertambah banyak sehingga dibangunlah dua kamar ( yang sekarang telah dibongkar dan diganti dengan asrama yang baru sebanyak tiga lantai ).
3.
Periode Perkembangan
Dari hari ke hari jumlah santri yang belajar di sini
mengalami peningaktan pesat, sehingga dibutuhkan terobosan-terobosan yang baru
untuk mengimbangi jumlah santri yang terus bertambah sehingga terciptalah suasana
belajar yang kondusif yang pada akhirnya, proses transformasi ilmu Agama dapat
berjalan dengan lancar.
Wahana pendidikan ini semakin lama semakin dikenal oleh masyarakat sehingga tidaklah mengherankan jika dalam waktu tiga tahun, santri yang belajar di Pondok ini telah mencapai 300 orang yang 70 persennya adalah penghafal Al Qur’an. Pada tahun tersebut juga dibangun asrama santri putra berlantai tiga dengan 18 kamar yang dilengkapi dengan Musholla, dapur, sumur kamar mandi dan wc, perpustakaan serta aula.
Keadaan tersebut terus maju dengan dinamis dan berkesinambungan. Sampai saat ini, Pondok Pesantren An Nur telah berbenah diri dengan fasilitas yang memadai. Hal tersebut sangatlah mendukung bagi tercapainya tujuan utama Pondok Pesantren An Nur yaitu :
1. Mencetak generasi Huffadzul Qur’an yang mampu menjunjung tinggi warisan Nabi serta mengamalkannya.
2. Membangun kemampuan santri yang berjiwa IMTAQ dan berwawasan IPTEK.
3. Membangun santri yang berakhlaqul karimah, bertaqwa, bermental kuat dan bertanggungjawab.
Sebagai pemenuhan kebutuhan primer santri atas sarana dan prasarana serta sebagai mediator demi tercapainya tujuan tersebut di atas, Pondok Pesantren An Nur selalu berusaha terus untuk membangun, merenofasi dan menambah lokal yang telah ada, antara lain :
1. Madrasah Diniyah Al Furqon ( 1989 M )
2. Madrasah Tsanawiyah ( M Ts ) ( 1994 M )
3. Taman Pendidikan Al Qur'an ( T P Q ) ( 1994 M )
4. Madrasah ‘Aliyah Umum ( M A U ) ( 1997 M )
5. Madrasah ‘Aliyah Keagamaan ( M A K ) ( 1999 M )
6. Sekolah Tinggi Ilmu Al Qur'an ( S T I Q ) AN NUR, dengan 2 prodi yaitu Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Tafsir Hadits (TH) ( 2002 M ) dan pada tahun 2004 M dibuka program (D1,dan D2).
Wahana pendidikan ini semakin lama semakin dikenal oleh masyarakat sehingga tidaklah mengherankan jika dalam waktu tiga tahun, santri yang belajar di Pondok ini telah mencapai 300 orang yang 70 persennya adalah penghafal Al Qur’an. Pada tahun tersebut juga dibangun asrama santri putra berlantai tiga dengan 18 kamar yang dilengkapi dengan Musholla, dapur, sumur kamar mandi dan wc, perpustakaan serta aula.
Keadaan tersebut terus maju dengan dinamis dan berkesinambungan. Sampai saat ini, Pondok Pesantren An Nur telah berbenah diri dengan fasilitas yang memadai. Hal tersebut sangatlah mendukung bagi tercapainya tujuan utama Pondok Pesantren An Nur yaitu :
1. Mencetak generasi Huffadzul Qur’an yang mampu menjunjung tinggi warisan Nabi serta mengamalkannya.
2. Membangun kemampuan santri yang berjiwa IMTAQ dan berwawasan IPTEK.
3. Membangun santri yang berakhlaqul karimah, bertaqwa, bermental kuat dan bertanggungjawab.
Sebagai pemenuhan kebutuhan primer santri atas sarana dan prasarana serta sebagai mediator demi tercapainya tujuan tersebut di atas, Pondok Pesantren An Nur selalu berusaha terus untuk membangun, merenofasi dan menambah lokal yang telah ada, antara lain :
1. Madrasah Diniyah Al Furqon ( 1989 M )
2. Madrasah Tsanawiyah ( M Ts ) ( 1994 M )
3. Taman Pendidikan Al Qur'an ( T P Q ) ( 1994 M )
4. Madrasah ‘Aliyah Umum ( M A U ) ( 1997 M )
5. Madrasah ‘Aliyah Keagamaan ( M A K ) ( 1999 M )
6. Sekolah Tinggi Ilmu Al Qur'an ( S T I Q ) AN NUR, dengan 2 prodi yaitu Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Tafsir Hadits (TH) ( 2002 M ) dan pada tahun 2004 M dibuka program (D1,dan D2).
Kondisi
Sosial Lingkungan Pon Pes An Nur
Pondok Pesantren An Nur dibangun di atas tanah wakaf kurang
lebih 2 hektar di dusun Ngrukem Pendowoharjo Sewon Bantul Yogyakarta. Daerah
ini termasuk daerah yang sangat subur karena tergolong tanah vulkanik dan juga
didukung oleh curah hujan yang cukup.
Dengan umurnya yang sudah hampir mencapai 30 tahun, Pondok Pesantren An Nur sudah sangat akrab dengan kehidupan masyarakat sekitar yang 90 persen adalah petani ekonomi menengah. Dalam waktu yang cukup lama pula masyarakat telah sangat banyak mengalami peningkatan terutama dalam hal kehidupan beragama.
Dengan umurnya yang sudah hampir mencapai 30 tahun, Pondok Pesantren An Nur sudah sangat akrab dengan kehidupan masyarakat sekitar yang 90 persen adalah petani ekonomi menengah. Dalam waktu yang cukup lama pula masyarakat telah sangat banyak mengalami peningkatan terutama dalam hal kehidupan beragama.
Model
Kepemilikan/Pengelolaan
Dalam
pengelolaannya, Pondok Pesantren An Nur yang merupakan salah satu Pesantren
yang bernafaskan Nahdlotul ‘Ulama ( NU ) pada awal berdirinya adalah milik
keluarga. Kemudian setelah mengalami perkembangan yang sangat pesat, maka
perlulah dibentuk sebuah Yayasan yang dapat menjembatani semua lembaga yang
berada di bawahnya. maka, dibentuklah Yayasan Al Ma’had An Nur yang langsung
dipimpin juga oleh Bapak KH. Nawawi Abdul Aziz.
Sebagai sebuah lembaga yang telah memiliki banyak santri, Pesantren ini juga melengkapi dirinya dengan beberapa lembaga yang bernaung di bawah Yayasan Al Ma’had An Nur, antara lain : TPQ An Nur, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah ‘Aliyah Umum dan Keagamaan, Sekolah Tinggi Ilmu Al Qur’an An Nur dan Madrasah Diniyah Al Furqon.
Pondok Pesantren An-Nur, Ponpes Modern, Santri Gaul, Pondok Pesantren Terpadu, Pondok Penghafal Al-Qur'an, Qira'ah Sab'ah, Kh. Nawawi Abdul Aziz, Kh. Muslim Nawawi, Pesantren Salafi, Pesantren Toriqat, Ngrukem, Sewon, Bantul
Sebagai sebuah lembaga yang telah memiliki banyak santri, Pesantren ini juga melengkapi dirinya dengan beberapa lembaga yang bernaung di bawah Yayasan Al Ma’had An Nur, antara lain : TPQ An Nur, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah ‘Aliyah Umum dan Keagamaan, Sekolah Tinggi Ilmu Al Qur’an An Nur dan Madrasah Diniyah Al Furqon.
Pondok Pesantren An-Nur, Ponpes Modern, Santri Gaul, Pondok Pesantren Terpadu, Pondok Penghafal Al-Qur'an, Qira'ah Sab'ah, Kh. Nawawi Abdul Aziz, Kh. Muslim Nawawi, Pesantren Salafi, Pesantren Toriqat, Ngrukem, Sewon, Bantul
@
Tagged @ Kh. Muslim Nawawi
Tagged @ Kh. Nawawi Abdul Aziz
Tagged @ Ngrukem
Tagged @ Pesantren Salafi
Tagged @ Pondok Penghafal Al-Qur'an
Tagged @ Pondok Pesantren An-Nur
Tagged @ Pondok Pesantren Terpadu
Tagged @ Ponpes Modern
Tagged @ Qira'ah Sab'ah
Tagged @ Santri Gaul
0 comments:
Post a Comment